Tuesday, August 25, 2015

Empire Chess

KONSEP GAME EMPIRE CHESS

INITIAL STATE


Initial state yang digunakan pada pembuatan program Empire Chess adalah permainan catur pada strawberry prolog yang diberikan tema pertarungan antara manusia berteknologi sebagai bidak catur putih dan kerajaan hitam sebagai bidak catur warna hitam. pada permainan catur pemain akan melawan ai yang beralgoritma minimax dan negamax dalam memenangkan permainan. Berikut adalah tampilan awal pada program.


initial state.jpg


Terdapat empat buah tombol pada tampilan awal game ini yaitu:
  • Help : tombol untuk petunjuk pada program
  • Mulai : tombol untuk memulai permainan
  • About : tombol untuk penjelasan tentang program
  • Exit : tombol untuk keluar dari program
RULES


Berikut adalah beberapa peraturan pada permainan :
  • Menggunakan aturan dan pergerakan standar pada permainan catur
  • Pemain harus mengalahkan raja musuh dan melindungi raja pemain
  • Pion yang telah memasuki daerah terujung musuh akan bisa naik pangkat menjadi knight, rook, bishop, atau queen


GOALS


Goal untuk menyelesaikan Empire Chess adalah memakan raja musuh atau membuatnya skak mat namun tidak remis, kondisi remis akan terjadi jika bidak raja musuh tidak dapat bergerak ke manapun karna akan membuatnya termakan oleh pasukan musuh, begitu pula pada kondisi kalah jika pemain mengalami hal seperti di atas.


KONSEP AI
Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI seperti permainan catur misalnya. AI permainan catur tentunya sudah sangat terkenal dimana AI tersebut bahkan dapat mengalahkan juara dunia sekalipun. Pada algoritma minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut.
Keuntungan yang didapat dengan menggunakan algoritma minimax yaitu algoritma minimax mampu menganalisis segala kemungkinan posisi permainan untuk menghasilkan keputusan yang terbaik karena algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum. Semua strategi lawan akan dihitung dengan algoritma yang sama dan seterusnya. Ini berarti, pada langkah pertama komputer akan menganalisis seluruh pohon permainan. Dan untuk setiap langkahnya, komputer akan memilih langkah yang paling membuat lawan mendapatkan keuntungan minimum, dan yang paling membuat komputer itu sendiri mendapatkan keuntungan maksimum. Algoritma pencarian Negamax merupakan bentuk varian dari pencarian minimax yang bergantung pada properti zero-sum dari permainan dua pemain . Algoritma ini bergantung pada kenyataan bahwa max (a , b ) = -min ( -a , -b ) untuk menyederhanakan pelaksanaan algoritma minimax . Lebih tepatnya , nilai posisi untuk pemain A dalam permainan tersebut adalah negasi dari nilai pemain B. Dengan demikian , pemain bergerak mencari langkah yang dapat memaksimalkan negasi dari nilai posisi yang dihasilkan dari langkah


No comments:

Post a Comment