Monday, December 29, 2014

Tutorial Modelling 3D Objek Pada MAYA

Tutorial membuat objek cincin sederhana :)



Pertama-tama masuk ke dalam maya lalu buatlah polygon plane dan tutupi semua grid yang ada, plane ini digunakan sebagai lantai



Lalu berikan material pada plane tersebut dan berikan warna hitam


lalu klik polygon pipe dan buatlah hingga menjadi seperti gambar dibawah


lihat bagian properties dari bagian polypipe 1, disini kita akan merubah bagian pada subdivisionnya


ubahlah subdivision tersebut menjadi seperti gambar di bawah


dan jika dilihat maka hasilnya akan menjadi seperti ini


sekarang saya akan membuat lekukan pada cincin agar tidak terlihat kaku, tekan spasi untuk mendapat empat perspektif yang berbeda, lalu gunakan perspektif yang berada di kiri bawah dengan cara mengarahkan mouse ke sana dan tekan spasi 



 setelah itu saya ingin membuat bagian lekukan pada cincin, pertama klik kanan dan tahan lalu pilih vortex, setelah itu klik dan drag bagian seperti gambar dibawah



lakukan tiap tiap bagian hingga menjadi seperti gambar dibawah


kembali ke perspektif awal, dan disini saya akan memperhalus bagian lingkaran dalam pada cincin, pertama klik kanan dan tahan lalu pilihlah edge, lalu klik tiap bagian hingga seperti gambar dibawah, 


setelah memilih bagian tersebut langkah selanjutnya klik menu edit mesh lalu pilih bevel, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah dan lakukan hal yang sama pada tiap bagian lingkaran dalam


lalu di bagian atribute polybevel1, ubahlah offset menjadi sedikit lebih besar, segment menjadi 4 dan smoothing angle 30


setelah itu saya akan membuat cincin lebih halus lagi dengan cara klik kanan dan tahan lalu pilihlah smooth


buat duplikat dari cincin tersebut dengan menekan ctrl+d untuk menduplikat dan susun agar terlihat lebih menarik


saya akan menambahkan dua buah light untuk memberikan efek cahaya, pertama klik create lalu pilih light dan pilih point light
susun light tersebut dengan menggunakan dua perspektif yang berbeda hingga menjadi seperti gambar dibawah



pada atribut light di bagian depth map shadow attribute centanglah bagian use depth map shadow


 setelah itu klik kanan salah satu cincin dan shift+klik kanan pada cincin yang lain, disini saya akan menambahkan material untuk cincin tersebut dan material yang digunakan adalah mia_material_x


dan pada mia material klik bagian present* lalu pilih copper dan pilih replace


Selesai sudah sekarang mulai merender dengan menekan f12 dan hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah


 Terimakasih :)










No comments:

Post a Comment