Wednesday, May 11, 2016

Parallel Computing



Pada post kali ini akan membahas tentang Parallel Computing.

Parallel Computing ialah teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Biasanya teknik ini digunakan pada saat kapasitas yang dibutuhkan besar, pengolahan data yang banyak maupun karena pemrosesan yang banyak.


Dalam melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Maka dari itu diperlukan perangkat lunak pendukung yaitu middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel.

Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel untuk merealisasikan komputasi. Pemrograman paralel adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah/operasi secara bersamaan (komputasi paralel), baik dalam komputer dengan satu (prosesor tunggal) ataupun banyak (prosesor ganda dengan mesin paralel) CPU.

Pemrograman paralel bertujuan untuk meningkatkan performa komputasi. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan


Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Parallel_computing
https://computing.llnl.gov/tutorials/parallel_comp/

No comments:

Post a Comment