Monday, March 14, 2016

Protokol

Apa itu Protokol?

Protokol sebuah aturan standar yang mengatur koneksi, komunikasi, dan perpindahan data dari dua atau beberapa titik komputer. Seperti misalnya pengiriman pesan, data, informasi dan lainnya yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan penerima agar komunikasi berlangsung dengan baik walau sistem yang terdapat dalam jaringan tersebut berbeda.

Fungsi Protokol

- Fragmentasi dan Reassembly, Membagi informasi yang dikirim menjadibeberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadidan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagimenjadi paket berita yang lengkap.

- Encaptulation, Fungsi dari encaptulation adalah melengkapi berita yangdikirimkan dengan address, kode-kode koreksi dan lain-lain

- Connection Control, Fungsi dari connection control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver

- Flow Control, Fungsi dari flow control adalah mengatur perjalanan datadari transmitter ke receiver.

- Error Control, Fungsi dari error control adalah mengontrol terjadinyakesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan

- Transmission Service, Fungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.

Beberapa jenis protocol
1. Protocol Ethernet
Protokol ini sering digunakan sampai saat ini, metode akses yang dipakai oleh Ethernet disebut dengan CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection). Sistem ini dimana setiap komputer menunggu intruksi memalui kabel sebelum mengirimkan data atau informasi melalui jaringan.

2. TCP/IP 
Transmission Control Protocol/Internet Protocol, Protokol ini merupakan standar dari komunikasi data yang dipakai oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data atau informasi dari satu komputer ke komputer lainnya di dalam jaringan Internet.
3. UDP
User Datagram Protocol merupakan protokol lapisan transpor TCP/IP yang dapat mendukung komunikasi yang tidak unreliable, tanpa adanya koneksi antar host di dalam suatu jaringan yang menggunakan TCP/IP.
4. RTP
Real Time Protocol, dirancang untuk menyediakan fungsi transport jaringan ujung ke ujung untuk aplikasi yang mengirimkan data secara real time, Seperti misalnya data audio dan video, melalui layanan jaringan multicast atau layanan unicast.
5. FTP
File Transfer Protocol, protocol jenis ini sering digunakan untuk melakukan upload maupun download file, keamanannya didasarkan kepada username dan juga password.
6. HTTP
Hypertext Transfer Protocol, protokol ini dipakai untuk mentransfer halaman web, protocol HTTP seiring waktu berkembang dan digunakan oleh orang banyak.
7. DHCP
Dynamic Host Configuration Protocol, jika ada Cable-connection dengan menggunakan DHCP, maka akan mendapatkan IP yang berasaldari ISP kompuer client, protokol ini berfungsi untuk memberikan Internet Protokol (IP) secara otomatis.

8. DNS
Domain Name System, adalah distribute database sistem yang dipakai dalam pencarian nama komputer di dalam jaringan yang mengunakan TCP/IP.
9. ICMP
Internet Control Message Protocol, tujuan dariprotokol ini berbeda dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna.
10. IMAP
Message Access Protocol, protokol standar untuk mengakses atau mengambil e-mail yang berasal dari server. 
11. HTTPS
Hyper Text Transfer Protocol Secure, protokol versi aman dari HTTP protokol komunikasi yang berasal dari WWW atau singkatan dari World Wide Web.
12. SSH
Secure Shell, ialah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data secara aman antara 2 komputer.
13. SSL
Secure Socket Layer, protokol keamanan data yang dipakai untuk menjaga pengiriman data web server dan juga pengguna situs web tersebut.

No comments:

Post a Comment